Minggu, 13 Februari 2011

Cara membuat Puisi


Membaca dan mendengarkan puisi.
Apakah seseorang yang belum pernah melihat soneta atau haiku mendengar benar-benar dapat menjadi penyair adalah sebuah pertanyaan terbuka. Hampir dapat dipastikan, meskipun, bahwa setiap penyair yang telah diterbitkan atau yang telah mengumpulkan semua berikut meningkatkan ketrampilan mereka dengan membaca atau mendengarkan puisi yang baik, bahkan jika mereka kemudian mencemooh gagasan konvensional tentang apa yang "baik." "Bagus" puisi jatuh ke dalam tiga kategori: yang diakui sebagai klasik, mereka yang tampaknya menjadi populer, dan orang-orang yang Anda secara pribadi seperti. Biasanya puisi yang singkat, tidak ada alasan untuk tidak mengeksplorasi banyak dari keduanya.
Naskah asli itu "Longfellow Desa Blacksmith." Revisi pada halaman tersebut memberi kita gambaran bagaimana puisi itu berevolusi.

Cari percikan.
Puisi A dapat lahir sebagai potongan ayat, mungkin hanya satu atau dua yang tampaknya datang entah dari mana. Itulah yang biasanya disebut inspirasi, dan setelah Anda memiliki awal Anda hanya perlu daging itu keluar, untuk membangun sisa puisi di sekitarnya.

Di lain waktu, Anda mungkin ingin menulis tentang hal tertentu atau gagasan. Jika hal ini terjadi, lakukan sedikit perencanaan. Tuliskan semua kata dan frase yang muncul di pikiran ketika Anda memikirkan gagasan itu. Biarkan diri Anda untuk meletakkan semua ide-ide Anda dengan kata-kata.

Ini mungkin kedengarannya sulit, tapi jangan takut untuk menyuarakan perasaan Anda tepat. Emosi adalah apa yang membuat puisi, dan jika Anda berbohong tentang emosi Anda dapat dengan mudah dirasakan dalam puisi itu. Menuliskannya secepat mungkin, dan ketika Anda sudah selesai, melalui daftar dan mencari koneksi atau item tertentu yang mendapatkan jus kreatif anda mengalir.

Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan puisi Anda.
Mungkin Anda ingin menulis puisi untuk mengungkapkan cinta Anda untuk pacar Anda atau pacar, mungkin Anda ingin untuk memperingati peristiwa tragis, atau mungkin Anda hanya ingin mendapatkan "A" di kelas puisi Anda. Pikirkan tentang mengapa Anda menulis puisi Anda dan siapa audiens Anda, dan kemudian lanjutkan dalam tulisan Anda sesuai.

Tentukan apa yang sesuai gaya puisi subjek Anda.
Ada banyak sekali gaya puitis yang berbeda. [1] . Jika Anda melihat "es Winter / jatuh seperti saham Enron ..." mungkin Anda punya haiku di kepala Anda. Sebagai seorang penyair, Anda memiliki berbagai bentuk set untuk memilih dari: limericks , soneta, villanelles ... daftar berjalan dan terus. Anda juga dapat memilih untuk meninggalkan bentuk sama sekali dan menulis puisi Anda dalam ayat bebas. Sementara pilihan mungkin tidak selalu sejelas contoh di atas, bentuk terbaik untuk puisi biasanya akan memanifestasikan dirinya dalam tulisan Anda.

Cobalah untuk masuk ke dalam adegan tertentu Anda ingin menulis tentang.
Misalnya, jika Anda ingin menulis tentang alam, cobalah untuk mengunjungi sebuah taman atau hutan kecil di dekatnya. Pemandangan alam akan membuat Anda menulis beberapa baris, meskipun mereka mungkin tidak sempurna.

Dengarkan puisi Anda.
Sementara banyak orang sekarang ini telah terkena puisi hanya dalam bentuk tertulis, puisi terutama seni aural selama ribuan tahun, dan suara puisi masih penting. Ketika Anda menulis dan mengedit puisi Anda, membacanya dengan keras dan mendengarkan bagaimana suara.
  1. Di sinilah puisi bisa menjadi lagu. Lebih mudah untuk menemukan sebuah lagu untuk meter reguler, jadi mungkin Anda ingin memotong kata-kata atau menaruh beberapa dalam untuk mendapatkan jumlah yang sama suku kata dalam setiap baris. Jika Anda percaya, maka mungkin orang lain akan belajar dan cinta itu sebelum lagu.
Catat pikiran Anda ketika mereka datang kepada Anda.
Jangan edit seperti yang Anda tulis, atau mengedit seperti Anda menulis - pilihan Anda.. Namun, Anda harus mencoba kedua metode setidaknya dua kali untuk melihat apa yang terbaik bagi Anda.



Pilih kata-kata yang tepat
Ada yang mengatakan bahwa jika sebuah novel adalah "kata-kata dalam urutan yang terbaik," maka puisi adalah "kata-kata terbaik dalam urutan yang terbaik." Pikirkan kata-kata yang Anda gunakan sebagai blok bangunan dari berbagai ukuran dan bentuk. Beberapa kata akan cocok bersama-sama dengan sempurna, dan beberapa tidak akan. Anda ingin tetap bekerja pada puisi Anda sampai Anda telah membangun struktur yang kuat dari kata-kata. Gunakan hanya kata-kata yang diperlukan, yang meningkatkan makna puisi itu. Anda Pilih kata-kata hati-hati. Perbedaan antara kata-kata yang terdengar mirip atau sinonim dapat menyebabkan permainan kata yang menarik.

Gunakan gambar dan deskripsi beton hidup.
  • Cinta, benci, kebahagiaan: ini adalah semua konsep-konsep abstrak. Banyak, mungkin semua, puisi ini, jauh di lubuk hati, tentang emosi dan abstraksi lain, tapi sulit untuk membangun sebuah puisi yang kuat menggunakan abstraksi saja - hanya saja tidak menarik. Kuncinya, kemudian, adalah untuk mengganti atau meningkatkan abstraksi dengan gambar-gambar konkret, hal-hal yang Anda dapat menghargai dengan indra Anda: mawar, hiu, atau api berderak-derak, misalnya. Konsep korelatif objektif mungkin berguna. Sebuah korelatif Tujuan adalah obyek, beberapa objek, atau serangkaian peristiwa (semua hal-hal konkret) yang membangkitkan emosi atau ide dari puisi.
  • Benar-benar puisi yang kuat tidak hanya menggunakan gambar beton, tetapi juga menggambarkan mereka dengan jelas. Tampilkan pembaca dan pendengar Anda apa yang sedang Anda bicarakan - membantu mereka untuk mengalami citra dari puisi. Taruh dalam beberapa "sensori" menangani. Ini adalah kata-kata yang menggambarkan hal-hal yang Anda dengar, lihat, rasa, sentuhan, dan bau, sehingga pembaca dapat mengidentifikasi dengan pengalaman mereka sendiri. Berikan beberapa contoh lebih bersifat mental / intelektual deskripsi. Sebagai contoh: "Ia membuat suara keras" versus "Dia membuat suara keras seperti kuda nil makan 100 pie pecan basi dengan gigi logam".
puitis Gunakan perangkat untuk meningkatkan kecantikan Anda puisi dan makna.
Perangkat puitis yang paling terkenal adalah sajak. Rhyme dapat menambah ketegangan pada baris Anda, berarti Anda meningkatkan, atau membuat puisi yang lebih kohesif. Hal ini juga dapat membuatnya lebih cantik. Sajak Jangan berlebihan. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan sajak sama sekali. puitis perangkat lainnya termasuk meter, metafora, asonansi, aliterasi, dan pengulangan. Jika Anda tidak tahu apa arti semuanya ini, Anda mungkin ingin melihat dalam buku puisi atau mencari di internet. perangkat Puitis dapat membuat puisi atau, jika mereka membawa terlalu banyak perhatian kepada diri mereka sendiri, mereka dapat merusaknya.

Simpan pesan Anda paling ampuh atau wawasan untuk akhir puisi Anda.
Baris terakhir adalah puisi apa garis pukulan adalah lelucon - sesuatu yang membangkitkan tanggapan emosional. Berikan sesuatu pembaca untuk memikirkan, sesuatu untuk memikirkan setelah membaca puisi Anda. Menahan diri untuk menjelaskannya, biarkan pembaca bertunangan dengan puisi dalam mengembangkan pemahaman tentang pengalaman Anda atau pesan.

Edit puisi Anda.
Ketika puisi dasar tertulis, sisihkan sebentar dan kemudian membaca puisi dengan suara keras kepada diri sendiri. Go melaluinya dan keseimbangan pilihan kata-kata dengan irama. Ambil kata-kata yang tidak perlu dan mengganti citra yang tidak bekerja. Beberapa orang mengedit puisi sekaligus, sementara yang lain kembali lagi dan lagi dari waktu ke waktu. Jangan takut untuk menulis ulang jika beberapa bagian dari puisi itu tidak bekerja. Kadang-kadang Anda tidak bisa memperbaiki sesuatu yang pada dasarnya tidak bekerja.

Dapatkan pendapat.
Hal ini dapat sulit untuk kritik kerja Anda sendiri, sehingga setelah Anda melakukan penyuntingan awal, cobalah untuk mendapatkan beberapa teman atau kelompok puisi (ada banyak online) untuk melihat puisi Anda untuk Anda. Anda mungkin tidak seperti semua saran mereka, dan Anda tidak harus mengambil salah satu dari mereka, tetapi Anda mungkin menemukan beberapa wawasan yang akan membuat Anda lebih baik puisi. Umpan balik yang baik. Pass puisi Anda di sekitar, dan meminta teman-teman Anda untuk kritik pekerjaan Anda. Katakan kepada mereka untuk jujur, bahkan jika itu menyakitkan. Filter tanggapan mereka atau mengabaikan mereka sama sekali dan mengedit sesuai keinginan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar